Striker Ajax Ini Menunggu Status WNI

  • Striker Ajax Ini Menunggu Status WNI
  • Striker Ajax Ini Menunggu Status WNI
Bola

JAKARTA - Pemain timnas Belanda U-19, Ezra Walian berterima kasih atas respons cepat sejumlah otoritas di Indonesia, tentang proses kepindahan warga negara. Manajer Ezra, Wide Ananda mengatakan, kliennya tersebut tetap mengharapkan memiliki kewarganegaraan dari pemerintahan di Jakarta.

Wide mengungkapkan, Ezra saat ini sudah kembali ke Belanda. Namun, tetap menunggu kabar tentang cita-citanya menjadi warga negara Indonesia, demi timnas Garuda. "Dia (Ezra) masih tetap dengan keyakinan yang sama untuk bisa menjadi warga negara Indonesia. Akhir Desember lalu, dia sudah kembali ke Belanda," kata dia, kepada Republika, Selasa (3/12).

Wide mengatakan, keputusan Ezra agar bisa punya paspor berlambang Garuda sebetulnya keinginan yang sudah lama. Selama empat tahun terakhir, kata dia, striker milik Ajax Amsterdam tersebut pulang pergi dari Belanda ke Indonesia. Saat Piala AFF 2016, Ezra membulatkan tekad tentang keyakinannya itu.

"Dia ingin sekali bisa bermain di timnas Garuda. Itu (memperkuat timnas Garuda) alasan paling penting baginya untuk mau pindah kewarganegaraan," ujar Wide. Pada Desember lalu, Wide menceritakan, keinginan Ezra tersebut, tersampaikan ke Ketua Umum Sepak Bola Nasional (PSSI) Letnan Jenderal (Letjen) Edy Rahmayadi.

Dalam pertemuan tersebut, Wide mengatakan, PSSI akan membantu mewujudkan keinginan Ezra tersebut. Yaitu, dengan mempelajari kebutuhan timnas Garuda dan mencari peluang bagi PSSI agar bisa membantu kepindahan warga negara tersebut. Hasilnya, pun dikatakan Wide tak terduga.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, tutup tahun lalu, sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Isinya agar merespons cepat pemberian status kewarganegaraan tersebut. "Dia (Ezra) masih menunggu apakah pemerintah akan memberikan dia kewarganegaraan resmi di sini (Indonesia). Kalau disetujui dia akan sangat berterimakasih sekali," sambung dia.

Ezra sendiri, diungkapkan Wide akan tetap bermain untuk Ajax Amsterdam di Liga Belanda atau di liga-liga elite Eropa jikapun status kewarganegeraannya diterima pemerintah Indonesia. Saat ini, terang Wide, Ezra sedang membicarakan pembaruan kontrak bermain bersama Ajax Amsterdam.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!